Cara Menghemat Biaya Belanja Bulanan ala Ibu Rumah Tangga

Cara menghemat biaya belanja bulanan ala Ibu rumah tangga. Meski kadang terlihat sedikit, nyatanya belanja bulanan membutuhkan biaya yang cukup besar. Uang gaji bulanan Anda pun sebagian besar habis untuk kebutuhan ini. Saat butuh dana segar, Anda bisa mengandalkan pinjaman KTA Tunaiku. Tapi, Anda juga tetap harus menghemat biaya belanja bulanan yang bisa dilakukan dengan cara-cara ala IRT berikut ini.

Cara menghemat biaya belanja bulanan ala Ibu rumah tangga:

cara menghemat biaya belanja bulanan ibu rumah tangga

1. Jangan Melihat Merek

Makin populer mereknya cenderung berbanding lurus dengan harganya. Produk seperti inilah yang biasanya diburu kalangan elit yang bergaji tinggi. Tapi, untuk Anda yang sedang dalam program hemat belanja bulanan, jangan selalu melihat merek terpopuler. Fokuslah pada nilai manfaat yang bisa diperoleh dari produk tersebut.

Untuk menghindari kerugian akibat kualitas yang kurang memuaskan dari produk tidak terkenal, Anda bisa memilih produk yang popularitasnya di tengah-tengah. Jadi, kepuasan dari harga hemat dan manfaatnya bisa tetap Anda peroleh. Contoh produk yang popularitasnya hampir sama antara satu merek dengan merek lainnya adalah sabun cuci.

2. Buat Daftar atau Menu Belanja

Penting juga untuk Anda membuat daftar atau menu belanja, dari harian, pekanan, sampai bulanan. Urutannya adalah bulanan, pekanan, lalu harian agar lebih terperinci. Anda pun bisa lebih mengontrol biaya untuk listrik, uang jajan anak-anak, makan sehari-hari, dan lainnya.

Pembuatan daftar atau menu belanja juga membuat Anda terhindar dari perilaku mubazir. Tidak sedikit orang yang membeli satu barang hanya karena keinginan sesaat padahal tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dengan cara ini, cicilan bulanan untuk membayar pinjaman KTA juga semakin lancar.

3. ‘Mengawetkan’ Bahan Makanan

Mengawetkan di sini bukan berarti Anda harus menambahkan bahan-bahan kimia tidak sehat semacam pewarna dan penguat rasa. Buat Anda yang memiliki kulkas, suhu dingin di dalamnya sudah cukup memadai untuk membuat bahan makanan lebih awet.

Contohnya jahe, kunyit, daun serai, dan bahan makanan segar lainnya. Bahan makanan dan bumbu-bumbu tersebut akan lebih awet disimpan dalam kulkas jika Anda membersihkannya terlebih dahulu, dipotong-potong, lalu masukkan dalam wadah tertutup.

4. Berburu Barang Diskonan

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan membeli barang diskonan. Harga barang yang jauh dibawah harga normal dan nilai manfaat yang masih sama seperti barang serupa yang harganya normal.

Tapi, untuk mendapatkan manfaat yang sama, Anda juga harus memastikannya sendiri dengan cara memeriksa kondisinya. Untuk produk pakaian, alat rumah tangga, dan semacamnya, periksa kondisi fisiknya secara teliti, hindari yang memiliki banyak cacat.

Sedangkan untuk makanan, usahakan untuk memilih produk yang masa kadaluwarsanya tidak kurang dari 1 bulan. Hindari pula sayuran, buah-buahan, dan bumbu dapur yang sudah sangat layu atau hampir membusuk. Dengan berhemat, maka Anda pun bisa membayar cicilan pinjaman KTA sesuai waktunya dan diperbolehkan mengajukan fitur ‘Pinjam Lagi’.

5. Bandingkan dan Beli di Beberapa Tempat

Belanja di warung, toko, rumah, atau supermarket, usahakan untuk selalu membandingkan harganya. Dengan demikian, Anda bisa tahu harga produk termurahnya bisa diperoleh di mana. Terkecuali dalam waktu tertentu, belanja di warung akan jauh lebih efisien.
Anda tentu pernah mendapati harga kebutuhan dapur di satu toko lebih murah dari toko sebelah, tapi aneka camilannya lebih murah beli di toko sebelah. Nah, pada kondisi seperti inilah Anda harus cerdas untuk belanja di mana saja.

Nah, jika ada kebutuhan mendesak, Anda bisa mengajukan pinjaman KTA Tunaiku. Begitupula saat uang gaji Anda terpakai untuk kebutuhan tersebut, maka pinjaman yang Anda dapat bisa digunakan untuk membiayai belanja bulanan Anda.

Updated: September 28, 2018 — 7:20 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Portal Informasi Online Termasa Kini © 2018